Irasshaimase (いらっしゃいませ)

Minggu, 05 Juni 2011

Cara Menjaga Memory Otak supaya tidak mudah hilang

Pertama – tama sebelum Sharing info  saya mau periksa dulu neh entri. Dah ±5 bulan saya g’ share info atau lainnya yang dirasa bermanfaat. Oh y, saya sekarang masih kuliah di Universitas Serambi Mekkah dan udah semester 2. :D udh gede belom punya pekerjaan pasti, hmm… ya gini deh jadinya ==’ sibuk di PL bukan PL ( Praktek Lapangan ) tapi PL ( Personal Laptop ) :D heheh . . . Oh y, BTW, Anyway, On The way, dan Bye~ **PlakkKK~ ( Digetok Bloggers ) X( maaf – maaf ane lupa, Klo ane blom Share entri ==’


Cap cus GPL, GPR ( G’ pake registrasi ) ane share tentang. “ Bagaimana Cara Menjaga Memory Otak supaya tidak mudah hilang “ eh... anda tau tidak, klo simpen memory otak g’ sama kaya kita simpan barang berharga di brankas atau tempat terkunci, mang anda mau metong ( mati ) *PlakkK~ Di jitak bloggers* iy² ane serius neh gan ==’ baiklah GPL y ~  

Jakarta, Penelitian menunjukkan bahwa kehilangan memori bisa dimulai sejak dini yaitu ketika anda sudah berusia 20-an tahun, klo dah usia 30-an itu dah emang takdir kali… :D *PlakkK~ di Jitak bloggers* Oleh karenanya orang / manusia harus berusaha untuk menjaga memori otaknya agar tidak hilang. Memori merupakan hal yang penting karena menyimpan segala macam informasi. Nah, bagi anda yang merasa pelajar wajib mempelajari ini ! J g’ mau ilangkan data² yang ada di otak anda sekalian, biasanya pelajar / remaja jaman sekarang lupanya yang kaya beginian :

·         Lupa gosok gigi *PlakkK~ apa hubungannya* ==’
·         Lupa Bikin PR
·         Lupa bawa buku PR ( neh biasanya alas an, padahal g’ bikin PR J ) *Yang beginian neh sering ma ane ==’*
·         Lupa janjian ma pacar ( Oi dah nunggu 1 jam blom juga nongol ) *PlakkK~ Di tampar pacar X( g’ mau yang beginiankan ??*
·         Lupa Sholat 5 waktu
·         Lupa Sama Orang tua (Biasanya yang kaya gini dah durhaka ma ORTU, minta d kutuk aja neh jadi batu) *Q kutuk kau jadi batu ! X(* Plakkk~ Lebay banget deh~

Oh y, dari beberapa poin diatas. Sesuatu hal pasti dan yang sangat di ingat pastinya “ UANG JAJAN “ :D g’ pernah lupa tuh *PlakkK~ digetok pake keyboard blogger* ==’ maaf klo ada yang tersinggung. BTW, ada 5 cara mudah yang bias dilakukan untuk melindunginya dan mencegah seseorang mengalami kelupaan seperti dikutip dari FoxNews, Senin (9/5/2011) tapi pastinya g’ instan, setidaknya bertahap loh *Mang lu kira mie instant* 5 caranya yaitu :

1)      Sarapan dengan karbohidrat

Melewatkan karbohidrat bias membahayakan memori. Karena, sel – sel otak membutuhkan karbohidrat yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa sebagai energy. Pilihlah biji – bijian utuh dan karbohidrat kompleks lain yang lambat dicerna seperti Kacang-kacangan, kentang manis, semua pasta yang terbuat dari gandum, sayuran, ketela atau ubi rambat, etc, sehingga memberikan aliran glukosa yang konsisten.

Studi dari Tufts University menemukan orang yang menghilangkan karbohidrat dalam menu makanannya cenderung lebih buruk dalam melakukan tugas yang berhubungan dengan memori.

2)      Melakukan olahraga sebelum beraktivitas

Olahraga akan meningkatkan aliran darah, membawa oksigen yang sangat dibutuhkan dan glukosa sebagai bahan bakar. Bahkan orang bias belajar kosakata 20% lebih cepat jika dilakukan setelah melakukan latihan. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang susah-susah seperti Gulat, tinju, panjat tebing, *Mang situ kuat ??* setidaknya olahraga ringan saja, seperti ; jalan santai, menari atau melakukan kickboxing ringan, etc yang dirasa ringan.

3)      Melakukan pencarian web ( web searching ) saat makan siang

Melakukan pencarian web ini merupakan salah satu kegiatan positif asalkan anda jangan mencari sesuatu yang negatif. Sesuatu yang berbau Hentai atau hal negatif dapat merusak otak, bukannya bikin memori tambah kuat, eh bisa² tuh otak malah eror ==’

Studi dari university of California, los angeles menemukan fakta. Bahwa, menghabiskan waktu 1 jam sehari untuk mencari sesuatu yang menarik di internet (seperti mencari tempat liburan) bias meransang bagian dari lobus frontal yang mengontrol memori jangka pendek.

“ Rangkaian saraf akan terlibat dalam keterampilan pengambilan keputusan visual-spatial dan verbal akan menjadi sangat aktif ketika anda melakukan pencarian di internet.” Ujar Dr. Gary Small, penulis studi tersebut.

4)      Menggerakkan mata ke sekeliling

Ketika memarkir kendaraan atau turun dari angkutan, cobalah memperhatikan keadaan sekitar dengan memindahkan pandangan mata dari satu sisi ke sisi lain selama 30 detik dari tempat berdiri (jangan lama² nanti bisa juling tuh mata J) . Berlatih gerakan mata sederhana ini bisa meningkatkan memori jangka panjang hingga 10% dan membantu mengingat bagian penting dari suatu informasi.

5)      Membersihkan gigi sebelum tidur

Wah bener² ada hubungan neh gigi kita sama otak ==’. Oh y, jangan salah mengartikan dulu. Maksud disini ialah kebersihan gigi kita tidak hanya berdampak pada senyum yang indah, tapi juga penting untuk memori. Anda tau kenapa demikian ?? jika gigi tidak dibersihkan maka gusi bias meradang sehingga memudahkan bakteri jahat memasuki aliran darah, klo bakteri baik sih g’ ap (*PlakkK~ ngawur lagi ==’). Oh y, aliran darah yang dimasuki oleh bakteri jahat ini nantinya bisa menyebabkan radang diseluruh tubuh termasuk otak yang menyebabkan gangguan kognitif.

Nah, akhirnya selesai juga ==’ biar sepele ngetiknya, lumayan cape juga loh. *Slurpp~ Menikmati sus hangat* tanpa ba bi bu be bo, saya harap para bloggers tertarik untuk mencoba hal-hal diatas biar memorinya g’ mudah hilang atau di curio rang *PlakkK~ emang barang nyata*

Oh y, hamper lupa. Kalau ada saran atau protes (jangan ampe demo) tolong tinggalkan komentar ya J demi membangun skill saya dimasa mendatang, dan membuat saya lebih bersemangat lagi untuk updet entri terbaru. Arigatou gozaimasu~ (nihongo), Thanks a lot (English), Terima kasih (Indonesia), Tarimo kasih banyak (Minangkabau), XieXie (Mandarin). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar